Senin, 14 November 2016

Contoh Jaring Makanan dan Rantai makanan

Contoh Jaring Makanan dan Rantai makanan

Setiap rantai makanan adalah salah satu jalan untuk mengambil energi dan nutrisi ketika mereka bergerak melalui ekosistem. Semua rantai makanan saling berhubungan dan saling tumpang tindih dalam suatu ekosistem membentuk sebuah jaring makanan.

Tingkat trofik
Organisme dalam jaring makanan dikelompokkan ke dalam kategori yang disebut tingkat trofik. Secara kasar, tingkat trofik dibagi menjadi produsen (tingkat trofik pertama), konsumen, dan pengurai (tingkat trofik terakhir).

Produsen
Produsen membentuk tingkat trofik pertama. Produsen, juga dikenal sebagai autotrof, membuat makanan mereka sendiri dan tidak bergantung pada organisme lain untuk nutrisi. Kebanyakan autotrof menggunakan proses yang disebut fotosintesis untuk membuat makanan (nutrisi yang disebut gula/glukosa) dari sinar matahari, karbon dioksida, dan air.

Tanaman adalah jenis yang paling umum autotrof, tetapi ada banyak jenis lainnya. Ganggang, yang bentuk jaringan lebih besar dikenal sebagai rumput laut. Fitoplankton, organisme kecil yang hidup di laut, juga autotrof. Beberapa jenis bakteri autotrof. Misalnya, bakteri yang hidup di gunung berapi aktif menggunakan belerang, bukan karbon dioksida, untuk menghasilkan makanan mereka sendiri. Proses ini disebut kemosintesis.

Konsumen
Tingkat trofik berikutnya terdiri dari hewan yang memakan produsen. Organisme ini disebut konsumen.

Konsumen utama adalah herbivora. Herbivora memakan tumbuhan, alga, dan produsen lainnya. Mereka berada di tingkat trofik kedua. Dalam ekosistem padang rumput, rusa, tikus, dan bahkan gajah adalah herbivora. Mereka makan rumput, semak, dan pohon-pohon. Dalam ekosistem gurun, tikus yang makan biji dan buah adalah konsumen utama.

Dalam sebuah ekosistem laut, berbagai jenis ikan dan kura-kura adalah herbivora yang memakan ganggang dan rumput laut. Di hutan kelp, rumput laut dikenal sebagai rumput laut raksasa menyediakan tempat tinggal dan makanan bagi seluruh ekosistem. Bulu babi adalah konsumen utama di hutan kelp. Herbivora kecil ini memakan puluhan kilogram (pon) dari rumput laut raksasa setiap hari.

Konsumen sekunder adalah konsumen yang memakan herbivora. Mereka berada di tingkat trofik ketiga. Dalam ekosistem gurun, konsumen sekunder mungkin ular yang memakan tikus. Di hutan kelp, berang-berang laut adalah konsumen sekunder yang berburu landak laut sebagai mangsa.

Konsumen tersier adalah konsumen yang memakan konsumen sekunder. Mereka berada di tingkat trofik keempat. Dalam ekosistem gurun, burung hantu atau elang mungkin memangsa ular.

Mungkin ada tingkat yang lebih tinggi dari konsumen sebelum rantai akhirnya mencapai puncaknya yaitu predator. Top predator, juga disebut predator puncak, makan konsumen lainnya. Mereka mungkin pada tingkat trofik keempat atau kelima. Mereka tidak memiliki musuh alami kecuali manusia. Singa adalah predator puncak dalam ekosistem padang rumput. Di laut, ikan seperti hiu putih besar adalah predator puncak. Di padang gurun, Bobcats dan singa gunung adalah predator puncak.

Konsumen dapat berupa karnivora (binatang yang makan binatang lain) atau omnivora (hewan yang memakan tumbuhan dan hewan). Omnivora, seperti manusia, mengkonsumsi banyak jenis makanan. manusia makan tanaman, seperti sayuran dan buah-buahan, juga makan hewan dan produk hewan, seperti daging, susu, dan telur. Makan jamur, makan ganggang, rumput laut di dapat dimakan seperti nori (digunakan untuk membungkus sushi gulung) dan selada laut (digunakan dalam salad). Beruang juga adalah omnivora, Mereka makan buah dan jamur, serta hewan seperti salmon dan rusa.

Detritivores dan Pengurai
Detritivores dan pengurai membentuk bagian terakhir dari rantai makanan. Detritivores adalah organisme yang makan tumbuhan dan hewan tak hidup atau mati. Misalnya, pemulung seperti burung pemakan bangkai memakan hewan mati. Kumbang kotoran yang makan kotoran hewan.

Pengurai/dekomposer, seperti jamur dan bakteri melengkapi rantai makanan. Pengurai mengubah limbah organik, seperti tanaman membusuk, menjadi bahan anorganik, seperti tanah yang kaya nutrisi. Mereka menyelesaikan siklus hidup dengan cara mengembalikan nutrisi ke tanah atau lautan untuk digunakan oleh autotrof untuk memulai lagi siklus seluruh rantai makanan.

Rantai makanan
Jaring makanan menghubungkan banyak rantai makanan yang berbeda, dan berbagai tingkatan trofik yang berbeda. Jaring makanan dapat mendukung rantai makanan yang panjang dan rumit, atau rantai makanan yang sangat pendek.

Misalnya, rumput yang hidup hutan menghasilkan makanan sendiri melalui fotosintesis. Seekor kelinci makan rumput. Sebuah rubah makan kelinci. Ketika rubah mati, pengurai seperti cacing dan jamur memecah tubuhnya, kembali ke tanah di mana ia menyediakan nutrisi bagi tanaman seperti rumput.

Rantai makanan pendek ini adalah salah satu bagian dari jaring makanan di hutan. Rantai makanan lain dalam ekosistem yang sama mungkin melibatkan organisme yang sama sekali berbeda. Sebuah ulat mungkin memakan daun dari pohon di hutan. Seekor burung seperti burung gereja bisa makan ulat. Maka, seekor ular mungkin memangsa burung gereja tersebut. Elang sebagai predator puncak, mungkin memangsa ular. Sebuah elang, predator puncak yang lain, mungkin memangsa elang. Namun burung lain seperti burung pemakan bangkai, mengkonsumsi tubuh elang yang mati. Akhirnya, bakteri dalam tanah membusukan sisa-sisabangkai elang.

Dalam ekosistem gurun, sebuah autotrof seperti kaktus menghasilkan buah. Serangga herbivora, seperti lalat, mengkonsumsi buah kaktus. Burung seperti roadrunner mengkonsumsi serangga ini. Detritivores seperti rayap makan roadrunner setelah mati. Bakteri dan jamur membantu mengurai sisa tulang dari roadrunner tersebut. Karbon dalam tulang memperkaya tanah gurun, membantu tanaman seperti kaktus untuk berkembang.

Ganggang dan plankton adalah produsen utama dalam ekosistem laut. Udang kecil yang disebut krill makan plankton yang mikroskopis. Hewan terbesar di bumi seperti paus biru, memangsa ribuan ton krill setiap hari. Predator puncak seperti paus pembunuh memangsa ikan paus biru. Ketika paus mati, tubuhnya tenggelam kedasar laut , detritivores seperti cacing memecah bangkai dari tubuh paus tersebut. Nutrisi yang keluarkan oleh daging yang membusuk menyediakan bahan kimia untuk ganggang dan plankton untuk memulai siklus baru dari rantai makanan.

Biomassa
Jaring makanan ditentukan oleh biomassa mereka. Biomassa adalah energi dalam organisme. Autotrof, produsen dalam jaring makanan, mengubah energi matahari menjadi biomassa. Biomassa menurun pada setiap tingkat trofik. Selalu ada biomassa lebih di tingkat trofik yang lebih rendah daripada di yang lebih tinggi.

Karena biomassa menurun pada setiap tingkat trofik, selalu ada lebih autotrof dari herbivora dalam jaring makanan yang sehat. Ada lebih dari herbivora karnivora. Ekosistem tidak dapat mendukung sejumlah besar omnivora tanpa mendukung jumlah yang lebih besar dari herbivora, dan jumlah yang lebih besar dari autotrof.

Sebuah jaring makanan yang sehat memiliki kelimpahan autotrof, banyak herbivora, beberapa karnivora dan omnivora. Keseimbangan ini membantu menjaga ekosistem dan mendaur ulang biomassa.

Selain itu, hewan yang lebih kecil lebih banyak dari yang lebih besar. Harimau dan semut keduanya konsumen dalam jaring makanan tropis. Namun, dibutuhkan lebih banyak biomassa untuk mendukung populasi harimau dari koloni semut. Harimau mengkonsumsi lebih banyak makanan dan mengambil ruang yang lebih besar. Ada banyak semut daripada harimau dalam jaring makanan ekosistem tropis.

Setiap link dalam jaring makanan terhubung ke setidaknya dua organisme. Biomassa dari suatu ekosistem tergantung pada bagaimana keseimbangan terhubung ke jaring makanan. Ketika satu link di jaring makanan terancam, beberapa atau semua link akan melemah atau stres. Ekosistem biomassa menurun.

Hilangnya tanaman biasanya menyebabkan penurunan populasi herbivora, misalnya. Tanaman dapat mengalami penurunan karena kekeringan, penyakit, atau aktivitas manusia. Hutan ditebang untuk membuka lahan dan kayunya untuk konstruksi. Padang rumput dibuat untuk pusat perbelanjaan atau tempat parkir.

Karena jumlah tanaman dan autotrof lainnya berkurang, sisa dari jaring makanan dipaksa untuk beradaptasi atau mati. Rusa memiliki rumput lebih sedikit untuk makan. Kupu-kupu dan lebah memiliki bunga lebih sedikit untuk penyerbukan. Pada gilirannya, predator seperti singa gunung memiliki rusa lebih sedikit untuk mengkonsumsi. Burung seperti kingfishers memiliki serangga lebih sedikit untuk di makan.

Hilangnya biomassa pada tingkat trofik kedua atau ketiga juga dapat membuat jaring makanan tidak seimbang. Pertimbangkan apa yang mungkin terjadi jika salmon run dialihkan. Sebuah salmon run adalah sebuah sungai di mana salmon berenang. Salmon run dapat dialihkan oleh tanah longsor dan gempa bumi, serta pembangunan bendungan dan tanggul.

Biomassa salmon yang hilang dari sungai memotong banyak rantai makanan, yang membentuk jaring ekosistem makanan. Tidak dapat makan salmon, omnivora seperti beruang dipaksa untuk lebih mengandalkan sumber makanan lain, seperti semut. Daerah populasi semut menyusut. Semut biasanya pemulung dan detritivores, sehingga nutrisi lebih sedikit dipecah dalam tanah. Tanah tidak mampu mendukung banyak autotrof, sehingga biomassa hilang. Salmon sendiri predator larva serangga dan ikan kecil. Tanpa salmon untuk menjaga populasi mereka di situs, serangga air dapat menghancurkan tanaman lokal. Lebih sedikit tanaman bertahan hidup, dan biomassa hilang.

Hilangnya organisme di tingkat trofik yang lebih tinggi, seperti karnivora, juga dapat mengganggu rantai makanan. Di hutan kelp, landak laut adalah konsumen utama dari rumput laut. Berang-berang laut memangsa landak. Jika populasi laut menyusut karena penyakit atau di buru, landak menghancurkan hutan kelp. Kurang komunitas produsen, biomassa merosot. Seluruh hutan kelp menghilang. Daerah tersebut disebut landak.

Aktivitas manusia dapat mengurangi jumlah predator. Pada tahun 1986, pejabat di Venezuela membendung Sungai Caroni, menciptakan danau besar sekitar dua kali ukuran Rhode Island. Sekitar 1.000 bukit berubah menjadi pulau di danau ini. Dengan habitatnya berkurang ke pulau-pulau kecil, banyak predator terestrial, seperti jaguar, armadillo, dan musang, werent dapat menemukan cukup makanan. Akibatnya, memangsa hewan seperti monyet howler, semut pemotong daun, dan iguana berkembang. Semut menjadi begitu banyak bahwa mereka menghancurkan hutan hujan, membunuh semua pohon dan tanaman lainnya. Jaring makanan di sekitar Sungai Caroni hancur.

Bioakumulasi
Biomassa menurun saat bergerak ke atas melalui tingkat trofik. Namun, beberapa jenis bahan, terutama bahan kimia beracun, meningkat pada setiap tingkat trofik dalam jaring makanan. Bahan kimia ini biasanya mengumpul dalam lemak hewan.

Ketika herbivora makan tanaman atau autotrof lain yang disemprot dengan pestisida, hewan tersebut akan menyimpan pestisida dalam lemak. Ketika karnivora makan beberapa herbivora ini, karnivora juga memakan pestisida yang tersimpan dalam mangsanya. Proses ini disebut bioakumulasi.

Bioakumulasi terjadi di ekosistem perairan, juga. Limpasan dari daerah perkotaan atau peternakan bisa penuh polutan. Produsen kecil seperti ganggang, bakteri, dan padang lamun menyerap jumlah menit polutan tersebut. Konsumen primer, seperti kura-kura laut dan ikan, makan lamun. Mereka menggunakan energi dan nutrisi yang disediakan oleh tanaman, tetapi menyimpan bahan kimia dalam jaringan lemak mereka. Predator pada tingkat trofik ketiga, seperti hiu atau tuna, makan ikan. Pada saat tuna dikonsumsi oleh orang-orang, mungkin menyimpan jumlah yang luar biasa dari racun bioaccumulated.

Karena bioakumulasi, organisme dalam beberapa ekosistem tercemar yang tidak aman dan tidak diizinkan untuk dipanen. Tiram di pelabuhan New York City, misalnya, tidak aman untuk makan. Polutan di pelabuhan menumpuk di tiram, feeder filter.

Pada tahun 1940 dan 1950-an, pestisida DDT disebut (dikloro difenil-trikloroetana) secara luas digunakan untuk membunuh serangga yang menyebarkan penyakit. Selama Perang Dunia II, Sekutu digunakan DDT untuk menghilangkan tifus di Eropa, dan untuk mengontrol malaria di Pasifik Selatan. Para ilmuwan percaya bahwa mereka telah menemukan obat ajaib. Pada tahun 1950, DDT sebagian besar bertanggung jawab untuk menghilangkan malaria di tempat-tempat seperti Taiwan, Karibia, dan Balkan.

Sayangnya, DDT bioaccumulates dalam ekosistem dan menyebabkan kerusakan lingkungan. DDT terakumulasi dalam tanah dan air. Beberapa bentuk DDT mungkin tidak terurai selama 20 tahun. Cacing, rumput, alga, dan ikan menumpuk DDT. Apex predator, seperti elang, memiliki jumlah tertinggi DDT dalam tubuh mereka, akumulasi dari ikan dan mamalia kecil mereka memangsa.

Burung dengan jumlah tinggi DDT dalam tubuh mereka bertelur dengan kerang sangat tipis. Kerang ini akan sering istirahat sebelum bayi burung yang siap menetas. Kerang tipis juga membuat lebih mudah bagi predator seperti ular dan burung lainnya untuk mengkonsumsi telur dan embrio di dalam.

DDT adalah alasan utama untuk penurunan dari elang botak, predator puncak yang feed terutama pada ikan dan hewan pengerat kecil. Hari ini, penggunaan DDT telah dibatasi. Jaring makanan yang itu adalah bagian telah pulih di sebagian besar negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar